Selasa, 12 Juli 2011

Perkembangan Ilmu Geografi

PERKEMBANGAN ILMU GEOGRAFI
Modul 1
Mata Pelajaran Geografi Kelas X Smt 1





Disusun Oleh:
Suyono, S.Pd





SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 WAY JEPARA
KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
PROPINSI LAMPUNG
2011



Kegiatan Belajar 1
Perkembangan Geografi
Standar Kompetensi :Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
Kompetensi Dasar :Menjelaskan konsep geografi
Indikator : :
1. Menjelaskan sejarah perkembangan Geografi
2. Menyimpulkan pengertian geografi
3. Menguraikan objek studi geografi

Tujuan Pembelajaran/ Indikator Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan perkembangan geografi
2. Siswa mampu merumuskan konsep dasar geografi
3. Siswa mampu menjelaskan prinsip geografi
4. Siswa dapat menyebutkan ilmu penunjang geografi
5. Siswa dapat menjelaskan objek studi geografi dan pendekatan geografi

Materi Pembelajaran
Apakah geografi itu ?
Istilah geografi pertama kali dikemukakan oleh seorang tokoh yang bernama Erathotenes dalam bukunya yang berjudul geografika. Dalam bahasa Yunani yang berarti gambaran tentang muka bumi yang meliputi tanah, iklim, laut, flora dan fauna serta manusia. Namun kajian geografi masih dalam konsep yang sangat sederhana. Pada tahap selanjutnya pengetahuan geografi dikembangkan oleh Copernicus yang berpendapat bahwa bumi bukan sebagai pusat tata surya tetapi matahari yang sebagai pusat tata surya yang dinamakan dengan paham heliocentric.
Pada abad pertengahan Bernadus Veranus membagi geografi menjadi dua bagian yaitu;
a. Gegrafi Generalis ( kajiannya meliputi: fenomena Litosfer, Hidrosfer, Atmosfer dan bentuk muks bumi)
b. Geografi Spesialis ( kajiannya meniputi fenomena kependudukan dan social)
Pada abad 2 sebelum masehi muncul tokoh geografi yang bernama Cladius Ptolemeous yang mengartikan bahwa geografi adalah suatu penyajian dari sebagian atau seluruh permukaan bumi memalui peta. Beliau yang pertama kali yang membuat peta namun masih dalam bentuk sederhana makanya dikenal dengan Atlas Ptolemeous.
Dalam perkembangan selanjutnya muncul dua aliran dalam geografi, yaitu
a. Aliran Fisis Determinis, tokohnya; Federich Ratzel, Karl Riter dan Elsworth Huntington, menurut pandangan ini bahwa segala kehidupan dimuka bumi ini ditentukan oleh alam, alam akan menentukan segalanya bagi kehidupan manusia, manusia belum mampu merubah alam dan masih pasrah dengan keadaan alam
b. Aliran Possibilisme tokohnya Paul Vidal Delablance sebagai tokoh geografi modern, menurut pandangan aliran ini bahwa alam tidak menentukan segalanya bagi manusia, tetapi hanya mewarkan berbagai kemungkinan untuk lahirnya natur menjadi kultur. Artinya manusia sudah mampu mengubah alam menjadi sesuatu yang dapat berguna bagi kehidupan manusia.

Pengertian Geografi
Sejak dulu setiap orang telah memiliki pengetahuan tentang geografi, mereka hanya tidak tahu bahwa pengetahuan yang dimilikinya adalah pengetahuan geografi, pada perkembangan selanjutnya geografi dikategorikan sebagai ilmu pengetahuan karena disusun secara sistematis. Disini geografi tidak hanya sekedar memberikan deskripsi tentang bumi tetapi kegiatanya lebih mendalam lagi seperti penelaahan dan analisis baik dari aspek fisik maupun dari aspek social. Berikut akan diuraikan beberapa definisi geografi:
a. Menurut James
Geografi adalah ilmu yang melihat keteraturan gejala-gejala alam sehingga memberikan karekteristik suatu tempat. Selanjutnya dia menyatakan bahwa geografi menyangkut kegiatan yang berhubungan dengan usaha untuk melihat persamaan dan perbedaan suatu tempat dengan tempat lain.
b. Menurut Berlow
Geografi adalah ilmu yang mempelajari proses-proses yang berhubungan dengan lingkunan dan gejala-gejalanya serta pola-pola terkait yang dibahas.
c. Menurut I. Made Sandy
Geografi adalah ilmu yang mempelajari/mengkaji tentang bumi dan segala sesuatu yang ada diatasnya, seperti penduduk, flora, fauna, iklim, udara serta interaksinya
d. Menurut R.Bintarto
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang menceritakan dan menrangkan sifat bumi, menganalisis gejala alam dan penduduk, mempelajari corak yang khas dalam kehidupan dan berusaha mencari fungsi unsur –unsur bumi dalam ruang dan waktu.

e. Menurut Hasil Semlok IGI
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan gejala geosfer dan interaksi antara manusia dengan lingkunganya dengan sudut pandang kelingkungan dalam konteks keruangan dan kewilayahan.

Konsep Esensial Geografi
Geografi pada hakekatnya merupakan suatu studi tentang gejala-gejala yang nyata dalam kehidupan manusia, yang merupakan hasil keseluruhan interelasi keruangan antara factor fisik dan non fisik. Dalam mempelajari gejala geografi terdapat pola nyata dan pola abstrak, pola abstrak ini disebut dengan konsep. Adal sepuluh konsep dasar dalam geografi, yaitu:
1. Konsep Lokasi
Konsep lokasi dalam geografi menganalisis aspek positif dan negative suatu tempat dipermukaan bumi, konsep ini untuk menjawab pertanyaan where (dimana) suatu gejala terdapat pada suatu wilayah tersebut. Konsep lokasi dibagi menjadi dua, yaitu:
a. Lokasi absolut (mutlak) yaitu lokasi suatu wilayah yang didasarkan pada garis lintang dan garis bujur.
Negara Indonesia secara astronomis terletak antara 6O LU – 11O LS dan 95O BT – 141O BT sehingga jika dilihat garis lintangnya terdapat selisih 17O . Perbedaan garis lintang menyebabkan perbedaan iklim, jadi sebagian besar wilayah Indonesia berada di daerah iklim tropis, sedangkan garis bujurnya terdapat selisih 46O. Perbedaan garis bujur menyebabkan perbedaan waktu dimana setiap 1O = 15` jadi kalau 1 jam (60`) = 4O. Jadi perbedaan waktu wilayah Indonesia 46 X 4 = 184 : 60 = 3,06 dibulatkan menjadi 3 daerah waktu yakni; WIB meliputi Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Propinsi Kalimatan Barat, Propinsi Kalimantan Selatan; WITA meliputi Pulau Bali, Propinsi Kalimantan Tengah, Propinsi Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi; WIT meliputi Pulau Irian Jaya dan Kepulauan Maluku
b. Lokasi relative, yaitu lokasi suatu wilayah dipermukaan bumi yang sifatnya dapat berubah-ubah karena dipengaruhi oleh daerah yang ada disekitarnya.
Contoh: Tanah yang ada didaerah perkotaan biasanya harganya lebih mahal
2. Konsep Jarak
Jarak merupakan pembatas yang bersifat alami, berkaitan dengan lokasi dan upaya untuk pemenuhan kebutuhan poko manusia.
Contoh: Tanah yang jaraknya jauh dari jalan raya harganya lebih murah

3. Konsep Keterjangkauan
Keterjangkauan berkaitan dengan kondisi permukaan bumi, yang menyebabkan daerah tersebut menjadi terisolir karena sulit dijangkau tetapi hal ini dapat berubah sejalan dengan perkembangan ekonomi, iptek dan transportasi.
Contoh: Desa yang dikelilingi oleh rawa dan hutan biasanya sulit dijangkau dari pada desa yang terletak ditepi pantai.
4. Konsep Pola
Pola berkaitan dengan ketergantungan pada bentuk fenomena geografi dipermukaan bumi, geografi mempelajari pola, bentuk dan persebaran fenomena geografi dipermukaan bumi.
Contoh: Pola persebaran pemukiman penduduk didaerah pegunungan biasanya menyebar
5. Konsep morfologi (Concept of Morfology)
Konsep morfologi berkaitan dengan bentuk muka bumi akibat tanaga endogen dan eksogen
Contoh: Dataran tinggi dipuncak Bogor, lahanya cocok untuk perkebunan the
Dataran rendah sepanjang pulau Jawa bagian utara dijumapai perikanan tambak udang
6. Konsep Aglomerasi (Concept of Agglomeration)
Aglomerasi merupakan kecenderungan persebaran yang bersifat mengelompok pada suatu wilayah yang relative sempit dan yang paling menguntungkan
Contoh: Di Jakarta sering kita jumpai pemukiman penduduk yang mengelompok berdasarkan stara social tertentu.
7. konsep Nilai Kegunaan (Concept of Utility Value)
Nilai kegunaan fenomena geografi atau sumber daya yang ada dipermukaan bumi bersifat relative antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain
Contoh: Laut yang memiliki ombak besar digunakan para turis untuk berselancar
Hutan mempunyai nilai kegunaan bagi pecinta alam dari pada bagi pelajar
8. Konsep Interaksi (Concept of Interaction)
Interaksi merupakan hubungan timbal balik antara dua wilayah atau lebih yang dapat menimbulkan gejala, kenampakan dan permasalahan baru, antara wilayah satu dengan yang lain saling tergantung.
Contoh: kehidupan orang kota tergantung dari orang desa dan sebaliknya
9. Konsep Diferensiasi Area (Concept of Differentiation)
Diferansiasi berkaitan dengan perbedaan corak antara wilayah dipermukaan bumi, konsep ini digunakan untuk mempelajari perbedaan gejala geografi antara wilayah satu dengan wilayah yang lain dipermukaan bumi, selain itu juga dapat digunakan untuk melihat perbedaan jenis mata pencaharian penduduk.
Contoh: Perbedaan ketinggian wilayah dipermukaan bumi menyebabkan perbedaan budidaya tanaman
Orang yang tinggal didaerah pantai cenderung bermata pencaharian sebagai nelayan/petambak
10. Konsep Keterkaitan Ruang (concept of Spatial Interelated)
Keterkaitan ruang menunjukan derajat keterkaitan persebaran antara fenomena satu dengan yang lain baik fenomena fisik maupun fenomena sosial
Contoh: Hasil pertanian banyak dipasarkan di wilayah perkotaan dan sebaliknya.
Prinsip Geografi
Prinsip geografi merupakan dasar pengkajian dan mengungkap gejala geografi dipermukaan bumi. Prinsip geografi terdiri atas:
a. Prinsip Penyebaran (Distribution Principle)
Prinsip persebaran dapat digunakan untuk menggambarkan gejala dan fakta geografi dalam peta serta mengungkap hubungan antara gejala geografi yang satu dengan yang lainnya, hal tersebut disebabkan penyebaran gejala dan fakta geografi tidak merata antara wilayah satu dengan wilayah yang lain.
b. Prinsip Interelasi (Interrelationship Principle)
Prinsip interelasi digunakan untuk menganalisis hubungan antara gejala fisik dan non fisik, prinsip ioni dapat mengungkapkan gejala atau fakta geografi disuatu wilayah tertentu.
c. Prinsip Deskripsi (Descriptive Principle)
Prinsip deskripsi dalam geografi digunakan untuk memberikan gambaran lebih jauh tebtang gejala dan masalah geografi yang dianalisis, prinsip ini tidak hanya menampilkan deskripsi dalam bentuk peta tetapi juga dalam bentuk diagram, grafik dan tabel.
d. Prinsip Korologi (Chorological Principle)
Dengan prinsip korologi dapat dianalisis gejala,fakta dan masalah geografi ditinjau dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang.


Aspek Geografi
Secara garis besar geografi dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu
a. Geografi fisis, mempelajari gejala fisik, meliputi; relief bumi, mineral, struktur batuan, iklim, cauaca, air, serta flora dan fauna.
b. Geografi manusia (sosial), mempelajari aspek-aspek sosial, meliputi; sosial, politik, ekonomi dan budaya.
Ruang Lingkup dan Objek Studi Geografi
Geografi merupakan ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dan lingkungannya sehingga geografi memiliki objek dan ruang lingkup kajian yang jelas, objek kajian geografi pada dasarnya terbagi menjadi dua yaitu:
a. Objek material, berupa fenomena geosfer yang terdiri atas beberapa lapisan, atmosfer, lithosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer
b. Objek formal, berkaitan dengan cara pandang terhadap suatu gejala keruangan dipermukaan bumi, atau pendekatan dalam geografi , pendekatan ini terbagi menjadi tiga
1. Pendekatan Keruangan / Spatial Approach
Pendekatan ini menekankan pada analisis yang didasarkan pada perbedaan lokasi dari sifat-sifat pentingnya atau pendukung wilayah, analisis keruangan membutuhkan kumpulan data yang meliputi data titik (data tentang ketinggian tempat) misalnya tanah, kedlaman air dll dan data bidang (data tentang luas) misalnya luas sawah, luas hutan dan pemukiman penduduk.
2. Pendekatan Kelingkungan/ Ecological Approach
Pendekatan ini menekankan pada analisis yang mendasarkan pada interaksi antara organism dengan lingkunganya. Artinya interaksi antara manusia, hewan dan tumbuhan dengan hidrosfer, litosfer, dan atmosfer. Jadi pendekatan ini menekankan pada ekologi sebagai habitat dan ekologi sebagai organism hidup yang merupakan komponen dalam ekologi
3. Pendekatan Kompleks wilayah/ Regional Complexs Approach
Merupakan pendekatan yang analisisnya didasarkan pada kombinasi antara analisis keruangan dengan analisis kelingkungan, analisis ini menekankan pada pengertian areal differentiation yairu adanya perbedaan karakteristik tiap-tiap wilayah yang sering disebut dengan region. Perbedaan karakteristik mendorong terjadinya interaksi antar wilayah yang satu dengan wilayah yang lain sehingga terjadi suatu proses saling melengkapi.

LEMBARAN KERJA SISWA
Standar Kompetensi :Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
Kompetensi Dasar :Menjelaskan konsep geografi
Indikator : :
1. Menjelaskan sejarah perkembangan Geografi
2. Menyimpulkan pengertian geografi
3. Menguraikan objek studi geografi

Tujuan Pembelajaran/ Indikator Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan perkembangan geografi
2. Siswa mampu merumuskan konsep dasar geografi
3. Siswa mampu menjelaskan prinsip geografi
4. Siswa dapat menyebutkan ilmu penunjang geografi
5. Siswa dapat menjelaskan objek studi geografi dan pendekatan geografi

A. Soal Pilihan Ganda, memilih jawaban yang paling tepat
1. Pengetahuan geografi diyakini sudah lama dikenal manusia. Pernyataan ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa ....
a. peta lokasi telah dibuat manusia prasejarah
b. manusia prasejarah telah dapat membuktikan bahwa Bumi itu bulat
c. untuk bertahan hidup, manusia harus berinteraksi dengan ling¬kungan
d. di Yunani telah muncul geograf pada abad Sebelum Masehi
e. manusia prasejarah harus ber¬pindah-pindah mencari makan dan 'tempat tinggal

2. Pengalaman dan pengeiahuan manusia yang diperoleh dari perjalanannyEL ke tempat lain didorong oleh ....
a. keingintahuan akan tempat lain
b. keharusan manusia berinteraksi dengan lingkungan alam
c. usaha memenubi kebutuhan manu¬sia yang di daer4hnya sendiri Lidak tersedia
d. kebutuhan manusia yang banyak macamnya
e. jiwa petualangan

3. penelitian dan penggalian informasi geografi yang mempakan hasil dokumen¬tasi dari perjalanan ke tempat, lain dila¬kukan pertama kab oleh seorang geograf bangsa Yunani Kuno bernama ....
a. Herodotus d., Eratosthenes
b. Phytheas e. Hippocrates
c. Thales

4. Sumbangan Eratosthenes dalam geografi adalah …
a. Pendapatnya bahwa Bumi itu bulat.
b. Pendapatnya bahwa Bumi itu datar.
c. Pendapatnya bahwa Bumi itu berlapis-lapis
d. Pendapatnya bahwa Bumi itu diselimuti lapisan udara.
e. Pendapatnya bahwa Bumi itu satu¬yang dapat ditinggali.

5. Siapakah peletak dasar geografi modern yang menyatakan obyek studi geografi adalah semua fenomena di bumi, baik organik maupun anorganik, yang ber¬'kaitan dengan kehidupan manusia?
a. Immangel Kant d. Paul Vidal De Lablance
b. Alexander von Humbolt e. Federich Ratzel
a. Karl Riter

6. Seseorng melakukan penelitian me¬ngenai pengaruh kemiringan lereng terhadap proses pembentukan tanah. Menurutt Varenius penelitian itu ter¬masuk kedalam aspek ....
a. Atmogfefis d. teristrial
b. Litosfinis e. komparatif
c. Astronomis

7. Manakah kegiatan manusia di bawah ini ymg sesuai dengan teori kemungkin¬an (posibilisme) dari Paul Vidal de la Blache`?
a. Sistem pertanian ladang berpindah-pindah dengan Cara membakar hutan.
b. Nelayan berangkat berlayar menangkap ikan ketika angin darat bertiup.
c. Penduduk yang tinggal di daerah pantai dapat mengusahakan lahan¬nya sebagai tambak ikan atau tumbak garam.
d. Pertanian di daerah gunung dilaku¬kan dengan sistem terasering.
e. Lahan pertanian tradisional banyak dibuka di daerah tepian sungai.

8. Penggunaan peta mempakan hal pokok yang harus ada dalam mempelajari geografi. Karen peta merupakan prinsip geografi dalam hal ....
a. Perubahan d. lokasi
b. Kewilayahan e. ekologi
c. keruangan

9. Untuk mengetahui perbedaan usur- unsur cuaca antara dua daerah dengan cara mengukur angsung dapat meng¬gunakan. metode ....
a. Wawancara d. kuantitatif
b. Pemetaan e. penggunaan sarana ilmiah
c. studi lapangan

10. Pembangunan perumahan di suatu wilayah perlu memperhatikan sumber air, kemiringan lahan, jaringan jalan, listrik, dan telepon, serta rencana tats ruang wilayah. Hal ini berkaitan dengan prinsip geografi tentang ....
a. kewilayahan d. perubahan oleh alam dan manusia
b. hubungan keruangan e, lingkungan alam
c. lokasi


11. Hewan dan tumbuhan yang hidup di lingkungan alam juga merupakan obyek kajian geografi ditinjau dari aspek ....
a. hidrosfer d. pedosfer
b. atmosfer e. biosfer
c. litosfer

12. Kota A akhir-akhir ini swing dilanda baujir pads musim hujan meskipun curah hujan relatif kecil. Lokasi kota A 'dilalui sungai yang berhulu di kaki gunung yang telah terjadi banyak peiubahan penggunaan lahan hutan, Manakah komponen geosfer yang berkaitan dengan fenomena alam ini?
a. Biosfer dan hidrosfer: d. atmosfer dan hidrosfer
b. Atmosfer clan biosfer. E. litosfer dan hidrosfer
c. Biosfer dan litosfer.

13. Geografi tidak dapat dikelompokkan ke dalam ilmu social atau ilmu eksak, sebab ...
a. Obyek kajian geografi kopdisi me¬syarakat.
b. Geografi mempelajari perubahan lingkungan alam.
c. Geografi moneliti pertumbuhan penduduk.
d. Geografi mempelajari segala feno¬mena geosfer.
e. Geografi mempelajari proses-proses pembentukan muka bumi

14. Keterkaitan geografi dengan disiplin ilmu lain dibedakan menurut aspek fisik dan aspek sosial. Di bawah ini masuk aspek fisik, kecuali ....
a. Kimiawi d. astronomic
b. Biologic e. antropologis
c. fenomena alam yang dapat diamati

15. Geografi *4g~iu ilmu-ilmu lain akan memuncuUdw ilmu barn. Sebagai contohnya adolUr biogeografi. Contoh obyek kajian bib#'eo`$Vafi adalah ....
a. persebaran'Mva dan fauna di per¬mukaan Bunii
b. metabolisms tumbuh= di habitat¬nya
c. proses pelapukan batuan
d. proses dekomposisi tumbuh-tum¬buhan yang telah coati oleh bakteri
e. erosi yang disebabkan oleh peng¬gundulan hutan

16. Untuk mengetahui proses terjadinya fenomena alam, analisis geografi dapat
dilakukan dengan mengajukan per¬tanyaan ....
a. what d. why
b. when e. how
c. where
17. Ruang lingkup kajian geografi menurut Rhoads Murphy dalam "The Scope of Geography' adalah .
a. lingkungan fisik alam dan manusia
b. lingkungan fisik alam dan keruangan
c. regional dan analisis wilayah
d. keruangan dan pemanfaatannya bagi tempat hidup manusia
e. persebaran danketerkaitan manusla. di Bumi


18. Cara Pandang-dan core berpikir terha¬dap obyek nwieTial dari sudut geografi merupakan obyekkajian geografi secara
a. Kelingkungan d. fisiografi
b. Sosiografi e. keruangan
c. Formal

19. Manakah ymg termasuk letak fisiografi
a. letak social d. letak klimatologi
b. letak politik e. letak ekonomi
c. letak kultur

20. Di bawah ini merupakan bentuk eksplorasi lingkungan fisik, kecuali ....
a. penebangan hutan untuk mem¬perluas lahan. pertanian
b. penambangan bate bars untuk di- ekspor
c. pembuatan sumur dalam untuk mendapatkan air tanah
d. perburuan k1jang untuk menjaga keseimbangan ekosistem
e. reklamasi daerah pantai untuk per¬mukiman

21. Obyek material merupakan bagian dari kajian geografi. Di bawah ini termasuk obyek material, kecuali - .. .
a. hutan hujan tropik di wilayah Indonesia
b. daerah pasang surut di pantai timur Sumatra
c. batuan kaput di daerah Wonosari
d. tinjauan Kota Samarinda dari sudut pandang kelingkungannya
e. kesuburan daerah pantai utara jawa

22. Manakah yang merupakan usaha manusia dalam mengatast lingkungan fisik, yang membatasinya?
a. M enggali tanah untuk mendapat¬kan air minum.,
b. Membuat peta penggunaan lahan deerah lembah.
c. Membuat saluran irigasi di daerah kering.
d. Mengukur debit sungai untuk ke¬butuhan irigasi.
e. Memanfaatkan 1ahan sempit di lereng bukit

23. Geografi memberi informasi yang penting dan berguna bagi kehidupan di Bumi. Pernyataan ini merupakan alasan
a. mengenal geografi
b. mengetahui tempat-tempat pada peta
c. mengetahui penyebab terjadinya bencanalingkungan
d. pentingnya belajar geografi
e. mengenal kejadian global dan local

24. Analisis keruangan mendasarkan pada perbedaan lokasi clan sifat-sifatnya. Kumpulan data lokasi penting diperlu¬kan dalam anallsis keruangan. Data lokasi meliputi data ....
a. Fisik dan bidang d. contoh tanah dan luas hutan
b. Fisik dan ketinggian tempat e. bidan dan luas sawah
c. Bidang dan luas permukiman

25. Perbedaau.karakteristik tiap-tiap wilayah mendorong terjadinya interaksi wilayah itu. Hal ini merupakan pendekatan, geografi dengan analisis
a. Keruangan d. komplek wilayah
b. Regional e. ekologi
c. kelingkungan


Mari menjawab pertanyaan .
1. Apa alasan utama i kita mempelajari Geografi?
2. Ruang lingkup grafi adalah geosfer. Apa yang dimalo*d dengan geosfer? Berikan contoh*4*Iam kehidupan se¬hari-hari yang bqrf;bAan dengan geosfer.
3. Obyek kajian gdegwR terdid atas obyek material dan obyek formal. Apa yang dimaksud obyek material dan obyek formal? jelaskan
4. Dalam belajar geografi diperlukan penguasaan dan keterampilan untuk memproses informasi geografi. Ke¬terampilan apa saja yang perlu. dimiliki? Jelaskan.
5. Kamu pernah membuat peta. Pemetaan merupakan salah satu metode penelitian geografi. Sebutkan beberapa bentuk metode penelitian geografi lainnya dan jelaskan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar